Rating Thread:
  • 0 Memberi Suara - 0 Rata-rata
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Artikel Smart Contract
#1
Question 
Apa sih itu Smart Contract?

Smart contract adalah bahasa pemrograman di mana antara kedua belah pihak melakukan kontrak secara otomatis di atas sistem blockchain.
nah karena sebelum nya kita sudah mengengal apa itu Blockchain, bagi yang belum mengetahui apa itu blockchain, bisa melihatnya pada link berikut.

Kutip:Mengengenal Blockchain

Okey kembali ke topik kita yaitu Smart Contract.
Smart contract pertama kali dikenalkan pada tahun 1994 oleh Nick Szabo. Ia memperkenalkan sistem yang memformalisasi dan mengamankan jaringan komputer dengan cara mengombinasikan protokol antarmuka para penggunanya.

Szabo adalah ilmuwan komputer yang memperkenalkan bit gold pada tahun 1998, 10 tahun sebelum diluncurkannya Bitcoin. Dia juga menginisiasi ide dibuatnya sistem pembayaran yang mengombinasikan produk sekuritas dan pasar derivatif dalam format yang beragam.

Lulusan Universitas Washington itu menyederhanakan penjelasan mengenai smart contract dengan mengibaratkannya sebagai vending machine. Di mana, penggunanya hanya perlu memasukkan sejumlah uang dan memilih minuman yang akan dibelinya. Jika jumlah uangnya telah diterima, maka pengguna akan mendapatkan minuman yang diinginkannya dari mesin tersebut.

Ia meramalkan di masa depan kontrak digital akan menggantikan kontrak fisik yang dinilainya boros sumber daya. Kini, smart contract yang diinisiasi olehnya bahkan diprediksi akan menjadi “kunci” revolusi jasa keuangan di masa depan.

Smart Contract pada Blockchain

Penggunaan smart contract terus berkembang menjadi program yang berjalan pada platform blockchain. Program ini membuat protokol persetujuan digital yang aturannya ditentukan oleh kode komputer dan disepakati oleh node jaringan.

Sebagaimana sebuah program, kontrak terdiri dari kode dan data yang dicatat untuk tujuan spesifik. Siapapun bisa membuat smart contract lewat akun Ether (ETH) asal memahami bahasa pemrogramannya.

Pengguna hanya perlu menerjemahkan prasyarat yang dikehendaki agar program dapat dieksekusi melalui kode. Setelah dibuat, smart contract bisa dilepas ke dalam jaringan dengan membayarkan biaya gas sebagaimana transaksi pada umumnya melalui akun ETH.

Kini smart contract adalah bagian dari alat transaksi. Transaksi dilakukan dengan memenuhi kode tersebut. Seluruh transaksi dalam smart contract tercatat, tidak dapat dihapus, dan dapat diakses publik. Karenanya, smart contract bersifat transparan.


Di kesempatan Selanjutnya kita akan mengenal apa itu Solidity dan web3.js yang menjadi bahasa pemprograman utama dari Smart Contract ini


Menuju Forum:


Pengguna yang membaca thread ini: 1 Tamu